Kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk-bentuk musik dan suara. Biasanya mereka akan peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta mampu memainkan alat musik.

Kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah yang memampukan mereka untuk memikirkan dan menyusun solusi dengan urutan yang logis. Mereka biasanya menyukai angka, urutan, logika, dan keteraturan.

Kemampuan dalam menggunakan tubuh secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran, dan perasaan. Kecerdasan ini juga
meliputi kemampuan fisik dalam bidang koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan.

Kemampuan untuk menangkap ruang visual secara tepat, mengenal bentuk dan benda secara tepat serta mempunyai daya imaginasi. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran akan warna, garis, bentuk, ruang, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga melibatkan
kemampuan untuk melihat obyek dari berbagai sudut pandang.

Kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Orang dengankecerdasan ini dapat memahami
kelebihan dan kekurangan diri sendiri, mampu memotivasi dan mendisiplinkan diri mereka sendiri. Orang yang memiliki kecerdasan ini akan sangat menghargai nilai (aturan –aturan), etika (sopan santun), dan moral.

Kemampuan untuk mengenali dan mengelompokkan dan menggambarkan berbagai macam keistimewaan yang ada di lingkungan.Dengan bahasa yang lebih sederhana adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan, dan bagian lain dari alam semesta.

Kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Yang termasuk di dalam kecerdasan ini adalah kemampuan menggunakan bahasa untuk mendeskripsikan kejadian, membangun kepercayaan dan kedekatan, mengembangkan argumen logika dan retorika, atau mengungkapkan ekspresi dan metafora.