Jenis Cara Berfungsi:  Tanah   |   Air   |   Api   |   Angin

CARA BERFUNGSI

Untuk melihat cara menjalankan fungsi seseorang digunakan perpaduan antara fokus perhatian (I-N) dan kesesuaian dengan rencana (K-L).

Fokus Perhatian

I

‘Ide’ memiliki fokus perhatian pada apa yang ada dalam diri mereka.

N

 ‘Nyata’ memiliki fokus perhatian pada tindakan dan berani mengekspresikan diri mereka.

Kesesuaian dengan Rencana

K

‘Ketat’ cenderung bertumpu pada rencana yang sistematis sehingga tidak fleksibel.

L

‘Longgar’ cenderung fleksibel karena sering bersikap spontan.

Dimensi I-N akan menentukan bentuk nyata dari fungsi seseorang. Ketika orang tersebut memiliki ‘IDE’ (I) yang lebih dominan maka dia akan lebih banyak menjalankan fungsinya dalam bentuk pemikiran. Sebaliknya jika memiliki ‘NYATA’ (N) yang lebih dominan maka dia akan lebih banyak menjalankan fungsinya dalam bentuk tindakan.

Dimensi K-L akan menentukan ketahanan seseorang di dalam menjalankan fungsinya. Ketika orang tersebut memiliki ‘KETAT’ (K) yang lebih dominan maka dia akan lebih solid dan stabil. Sebaliknya jika memiliki ‘LONGGAR’ (L) yang lebih dominan maka dia akan lebih spontan dan mudah berubah.

Dari gabungan dua dimensi ini akan dihasilkan empat cara menjalankan fungsi seseorang seperti yang terlihat pada bagan berikut:

4 Jenis Cara Berfungsi

Tanah

Elemen yang digunakan untuk menggambarkan Ide (I) – Ketat (K) adalah Tanah.

Untuk menggenapi fungsinya, cara yang digunakan adalah sebagai Solid Reliable Executor (Eksekutor yang solid dan bisa diandalkan) . Ini menunjukkan mereka adalah penyelesai yang bisa diandalkan. Semua tugas yang diserahkan kepada mereka cenderung akan dapat mereka selesaikan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Karakteristik

  • Tenang, seimbang dan terlihat tidak bergerak.
  • Cenderung kaku karena taat pada aturan.
  • Suasana hati biasanya sangat stabil.
  • Lebih reaktif daripada aktif.
  • Cenderung  gelisah setelah tidak mengerjakan sesuatu dalam jangka waktu yang lama.

Cara Pandang Tanah Terhadap:

air-icon

TANAH melihat AIR sebagai orang yang tidak dapat diandalkan dan tidak mau mengambil inisiatif apapun, serta terlihat memiliki energi yang terlalu rendah.

api-icon

TANAH melihat API sebagai orang yang menyenangkan, penuh energi dan bersedia mengambil inisiatif. API juga bisa memastikan sesuatu terjadi secara seimbang

angin-icon

TANAH melihat ANGIN sebagai orang yang tidak bisa diandalkan karena memiliki tindakan dan inisiatif yang tidak terduga.

Air

Elemen yang digunakan untuk menggambarkan Ide (I) – Longgar (L) adalah Air.

Untuk menggenapi fungsi mereka, cara yang mereka gunakan adalah sebagai Relax Flexible Player (Pemain yang santai dan fleksibel). Ini menunjukkan mereka adalah orang yang santai dan fleksibel. Mereka terlihat lambat di dalam mengerjakan segala sesuatu. Ditambah lagi, mereka mudah berubah sehingga apa yang mereka pikirkan juga cenderung berubah sehingga terlihat sepertinya mereka tidak mengerjakan apapun.

Karakteristik

  • Santai.
  • Mengalir.
  • Fleksibel.
  • Tidak tergesa-gesa.
  • Cenderung mudah untuk berdiam diri dalam waktu yang lama tanpa melakukan kegiatan apapun, atau kegiatan yang hanya memerlukan energi sedikit.

Cara Pandang Air Terhadap :

tanah-icon

AIR melihat TANAH sebagai orang yang membosankan dan terlalu perhatian pada stabilitas.

api-icon

AIR melihat API sebagai orang yang terlalu memaksakan inisiatif mereka, ini sangat mengganggu. AIR mungkin menghargai tingkat energi API, tetapi juga bertanya-tanya apakah mereka tidak melihat banyaknya energi yang dihabiskan sia-sia tanpa tujuan yang jelas.

angin-icon

AIR melihat ANGIN sebagai orang yang menyenangkan dan penuh energi, oleh karena itu tidak membosankan dan dapat menyesuaikan dengan tingkat energi dari orang lain.

Api

Api

Elemen yang digunakan untuk menggambarkan Nyata (N) – Ketat (K) adalah Api.

Untuk menggenapi fungsi mereka, cara yang mereka gunakan adalah sebagai Energetic Restless Accomplisher (Penyelesai yang penuh energi dan tidak kenal lelah). Ini menunjukkan mereka adalah penyelesai yang bisa diandalkan. Semua tugas yang diserahkan kepada mereka akan mereka kerjakan dengan penuh energi dan tidak kenal lelah. Orang yang ada di sekitar mereka akan merasakan energi yang besar terlihat dalam diri mereka.

Karakteristik

  • Proaktif.
  • Tidak kenal lelah.
  • Sulit untuk bersantai kecuali lelah.
  • Berjalan cenderung dengan cepat dan memiliki “tujuan”.
  • Cenderung gelisah ketika dipaksa untuk tidak aktif dalam waktu yang lama.

Cara Pandang Api Terhadap :

tanah-icon

API melihat TANAH sebagai orang yang solid, dapat diandalkan, dan diprediksi. Namun, TANAH biasanya cenderung bukan yang pertama berinisiatif dalam mengambil tindakan.

air-icon

API melihat AIR sebagai tidak terduga, berubah-ubah, serta terlalu pasif dan tidak bisa diandalkan, terutama jika mereka diminta untuk menunjukkan inisiatif atau bahkan hanya timbal balik.

angin-icon

API melihat ANGIN dari dua sisi. Sisi pertama, sebagai orang yang tidak terduga dan berubah-ubah, dan oleh karena itu agak mengganggu. Di sisi lain, API bisa melihat ANGIN sebagai orang yang sangat penuh energi ketika sedang fokus melakukan sesuatu, serta sumber inisiatif yang luar biasa

Angin

Elemen yang digunakan untuk menggambarkan Nyata (N) – Longgar (L) adalah Tanah.

Untuk menggenapi fungsi Mereka, cara yang Mereka gunakan adalah sebagai Optimistic Maneuvering Entertainer (Penghibur yang optimis dan senang bermanuever). Ini menunjukkan Mereka adalah orang yang optimistis dan memiliki kemampuan menghibur. Mereka juga cenderung membuat manauver sehingga bisa merubah apa yang Mereka kerjakan dengan mudah. Mereka sangat bisa diandalkan pada kondisi krisis yang mudah sekali berubah. Orang yang ada di sekitar Mereka akan merasakan energi yang relatif besar terlihat dalam diri mereka.

Karakteristik

  • Fleksibel.
  • Banyak bergerak.
  • Impulsif, bergeser dari tidak aktif menjadi sangat penuh energi  dalam beberapa kali sehari.
  • Selama proses berlangsung terlihat tidak sabar.
  • Berjalan penuh energi.
  • Sering tampak optimis dan berpikiran terbuka.
  • Cenderung gelisah ketika dipaksa untuk tidak aktif dalam waktu yang lama.
  • Mampu menghibur orang dengan mudah dan alami.

Cara Pandang Angin Terhadap :

tanah-icon

ANGIN menganggap TANAH terlalu mudah untuk diprediksi dan membosankan, serta tidak mau melakukan hal-hal yang mendadak.

air-icon

ANGIN menganggap AIR sebagai orang yang menyenangkan karena fleksibel dan responsif terhadap inisiatif mereka. Kadang-kadang AIR terlihat tidak terduga, namun untuk alasan ini AIR tidak pernah membosankan.

api-icon

ANGIN menganggap API sebagai orang yang aktif tapi terlihat tidak kenal lelah dan gelisah, sedikit mengganggu karena terlihat kurang spontanitas.